top of page
Gambar penulisPandu Laut Nusantara

TEBAR HADIAH RAMADHAN (THR) UNTUK NELAYAN PANGANDARAN



Pangandaran, 1 April 2024 - Pada bulan Ramadhan, nelayan Pangandaran menghadapi tantangan yang cukup berat, melonjaknya harga bahan pangan selama bulan Ramadhan menjadi permasalahan besar bagi nelayan Pangandaran. Bahan pokok seperti beras melonjak sampai Rp 17.000 dari harga biasanya yang berkisar Rp. 12.000, diikuti dengan bahan pokok seperti minyak, gula dan yang lainnya.



Dalam kondisi normal, pendapatan bulanan mereka mencukupi untuk kebutuhan pokok sehari-hari. Namun, selama bulan Ramadhan, kewajiban sosial dan keluarga yang semakin besar membebani sumber daya mereka. Selain itu, kondisi cuaca buruk dan badai yang terjadi selama bulan Ramadhan membuat banyak nelayan tidak dapat melaut, sehingga membahayakan mata pencaharian mereka. Parahnya, badai ini terlihat dari kapal-kapal besar dengan ukuran 10 GT ke atas yang berlindung di teluk-teluk yang biasanya hanya didatangi oleh nelayan kecil dengan kapal 2 GT.  Para nelayan ini sebagian besar adalah nelayan kecil, yang tidak memiliki sumber pendapatan sekunder yang substansial.



Mengetahui permasalahan yang terjadi, Pandu Laut Nusantara mengadakan open donasi melalui kegiatan Tebar Hadiah Ramadhan (THR) untuk untuk Nelayan Pangandaran. Open donasi ini terbuka untuk seluruh kawan Pandu Laut dari berbagai daerah. Donasi berupa paket sembako senilai Rp. 200.000 per paket yang mencakup 5 KG beras, 1 L minyak, 1 KG gula, teh celup, tempe dan telur.  Paket sembako ini dibeli langsung dari pedagang setempat sebagai bentuk dukungan untuk pedagang lokal Pangandaran. 


Melalui open donasi ini, Pandu Laut Nusantara menerima totasl 55 paket sembako untuk disumbanngkan ke nelayan-nelayan di Pangandaran. Sembako dibagikan secara bertahap dalam kurun waktu 4 hari dari tanggal 1 sampai 4 April 2024. Para nelayan sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan sehingga dapat membantu kebutuhan pokok mereka selama bulan Ramadhan. Tidak sedikit dari mereka yang menangis haru sebagai bentuk rasa syukur atas bantuan yang diterima.



Karman Sukirman salah satu penerima donasi paket sembako menyampaikan “Alhamdulillah, terimakasih donatur Pandu Laut untuk paket sembakonya, keluarga saya sangat terbantu” tuturnya saat menerima paket sembako dari donatur.



Terima kasih kepada seluruh donatur dari berbagai daerah yang telah turut serta berkontribusi dalam membantu mencukupi kebutuhan pokok nelayan Pangandaran selama bulan Ramadhan. Bantuan dari kawan Pandu Laut semua sangat berarti besar bagi nelayan-nelayan di Pangandaran. 


2 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page